PEMBELAJARAN SISTEM BLOK
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu pendidikan kejuruan yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Untuk dapat selaras dengan kebutuhan industri yang ada baik dari segi kompetensi dan juga kebudayaan industri. Kompetensi peserta didik dapat maksimal bilamana peserta didik melakukan proses pembelajaran pengetahuan (teori) maupun keterampilan (praktik) terjadi secara berlanjut artinya tidak terpisah atau terjeda terlalu lama. Kebudayaan industri kerja yang ada di industri harus diadopsi dan diterapkan ke sekolah sehingga pada saat peserta didik lulus dan bekerja diharapkan bisa beradaptasi dengan kebudayaan industri dengan lebih cepat.
Berdasarkan pada landasan pemikiran tersebut kemudian dari lini kurikulum membuat kebijakan dengan memberlakukan sistem pembelajaran blok. Pembelajaran sistem blok dilaksanakan dengan menggabungkan jam pelajaran kelompok umum dan kejuruan selama dua minggu kemudian dilaksanakan dalam satu minggu secara blok untuk jam pelajaran kelompok umum maupun kelompok kejuruan. Jadwal blok dilaksanakan dengan membagi jadwal kedalam dua jadwal yaitu jadwal kelompok mapel umum dan jadwal kelompok maple kejuruan. Pada pelaksanaannya pada jadwal blok pembelajaran pada minggu pertama berisi jadwal untuk blok kelompok mapel umum (teori) sedangkan pada minggu selanjutnya merupakan jadwal untuk blok mapel kejuruan (praktik) dan atau sebaliknya dengan variasi yang berbeda untuk setiap kelasnya.
Dengan pembelajaran blok ini diharapkan peserta didik dapat secara utuh mempelajari kompetensi-kompetensi praktik sesuai dengan konsentrasi keahlian masing-masing yang mana dapat berdampak pada penguasaan kompetensi-kompetensi yang diajarkan. Selain itu juga dengan penerapan pembelajaran blok ini diharapkan siswa dilatih untuk menyesuaikan kebudayaan kerja yaitu dengan melaksanakan praktik selama sehari penuh selama seminggu. Hal ini diharapkan mampu memberikan penyesuaian kondisi fisik dan mental peserta sehingga pada saat peserta didik memasuki dunia kerja yang nyata bisa beradaptasi dengan cepat.
Pada Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan adanya pembelajaran blok peserta didik dapat mempelajari kompetensi-kompetensi seperti kompetensi pada bidang mesin, sasis, dan kelistrikan secara berkelanjutan tanpa terputus-putus. Pada saat peserta didik memasuki blok minggu mapel kejuruan peserta didik dapat mengembangkan kompetensi praktik dengan pengaturan pembelajaran selama satu hari penuh.
Pada Konsentrasi Keahlian Teknik Sepeda Motor dengan adanya pembelajaran blok peserta didik dapat mempelajari kompetensi-kompetensi seperti kompetensi pada bidang mesin, sasis, dan kelistrikan secara berkelanjutan tanpa terputus-putus. Pada saat peserta didik memasuki blok minggu mapel kejuruan peserta didik dapat mengembangkan kompetensi praktik dengan pengaturan pembelajaran selama satu hari penuh.
Pada Konsentrasi Keahlian Desain dan Produksi Busana dengan adanya pembelajaran blok peserta didik dapat mempelajari kompetensi-kompetensi seperti kompetensi pada pembuatan busana, menjahit produk busana, dan Menyusun koleksi busana secara berkelanjutan tanpa terputus-putus. Pada saat peserta didik memasuki blok minggu mapel kejuruan peserta didik dapat mengembangkan kompetensi praktik dengan pengaturan pembelajaran selama satu hari penuh.